Fungsi Penting Ban Mobil yang Perlu Kamu Perhatikan

Jangan pernah anggap sepele kondisi ban meski posisinya di bawah mobil dan sering kena kotoran. Itu juga sebabnya banyak sekali konten terkait ban di Toyota Connect.

Masalahnya, karena letaknya berada di luar dan jarang bersinggungan langsung dengan pengemudi, ban jadi sering terlupakan. Nah kalau tiba-tiba ban bermasalah, seperti meledak dan sulit dikontrol, kecelakaan tidak bisa dihindari.

Oleh karena itu, kamu mesti paham fungsi ban sehingga jadi lebih peduli dan mau menjaga kondisi ban agar selalu optimal.

1. Menopang Beban Mobil

Ban itu seperti telapak kaki manusia karena ke empat ban mobil Toyota kamu bertugas menopang seluruh beban mobil berikut isinya. Makanya, ada aturan mengenai beban maksimal yang boleh diangkut oleh mobil.

Tujuannya supaya ban tidak jadi kelelahan akibat memikul beban terlalu besar karena jika dibiarkan risiko seperti ban pecah siap mengintai.

2. Meredam Benturan Jalan

Salah satu fungsi ban yang sering kamu lupakan adalah untuk menyerap benturan, bahkan yang pertama sebelum akhirnya dibantu oleh suspensi. Makanya, dinding ban dibuat dengan memperhitungkan tingkat kekenyalan tertentu agar mempunyai kemampuan meredam benturan.

Oleh sebab itu, kamu harus menjaga kualitas dinding ban dengan menjaga tekanan angin ban di angka yang direkomendasikan. Tekanan angin di dalam ban juga mempengaruhi daya redam kendaraan, dan an angka tekanan yang dibuat oleh pabrikan sudah memperhitungkan aspek redaman.

Jangan terlalu agresif pula di jalan, seperti main hajar lubang yang bisa merusak konstruksi dinding ban, atau membawa muatan penuh sehingga ban kelelahan dan kemampuan menyerap benturan turun.

3. Meneruskan Traksi dan Pengereman

Ban meneruskan injakan kaki di pedal gas yang diteruskan dalam bentuk tenaga oleh mesin. Agar dapat meneruskan tenaga dengan baik, ban butuh daya cengkeram.

Kemampuan ini dikerjakan oleh telapak ban yang punya kontak langsung dengan permukaan jalan sehingga menghasilkan traksi. Hal serupa juga terjadi saat kamu melakukan pengereman karena seluruh beban mobil langsung bertumpu di ban.

Oleh sebab itu kamu harus menjaga kondisi telapak ban dengan baik dengan memperhatikan ketebalan telapak ban. Telapak ban juga tidak boleh rusak lantaran bisa mengurangi daya cengkeram, termasuk menjaga tekanan angin ban sehingga bidang kontak telapak ban selalu terjaga.

4. Mengarahkan Laju Kendaraan

Sistem kemudi harus kamu jaga supaya dapat menggerakkan ban dengan baik, di lain pihak ban juga harus punya daya cengkeram yang pas. Dinding ban yang bertugas meredam gaya lateral saat berbelok dan telapak ban yang menjaga daya cengkeram bersinergi di sini.

Fatal akibatnya jika ban tidak bisa melaksanakan tugasnya saat berbelok, apalagi di kecepatan tinggi. Sudah lebih paham kan fungsi dan tanggung jawab ban yang begitu besar?

Dan semua itu hanya bertumpu pada bidang kontak telapak ban yang sangat terbatas. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang kamu harus peduli mengenai kondisi ban mobil kamu.

Sumber: toyota.astra.co.id

Write a comment